fbpx
(021) 7376272 prioritystan@gmail.com

Apa saja Jurusan yang Ada di PKN STAN?

Hai Staners, jumpa lagi dengan artikel yang akan membuat Staners tahu berbagai hal tentang PKN STAN. Perlu diketahui bahwa sebelumnya perguruan tinggi yang satu ini bernama Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dan saat ini sudah berganti menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN. Perubahan ini tentu saja bertujuan agar PKN STAN bisa lebih berkembang dan bersaing dengan perguruan tinggi yang lain. Untuk bersekolah di sini, Staners bisa memilih jurusan PKN STAN yang sudah tersedia.

Jurusan PKN STAN
Jurusan PKN STAN

Beberapa jurusan yang tersedia bisa saja bisa menjadi langkah awal Staners untuk bisa mewujudkan cita-cita dan masa depan yang gemilang. Untuk lebih tahu tentang jurusan-jurusan tersebut, pastikan untuk membaca artikel ini hingga akhir ya.

Jurusan PKN STAN

PKN STAN yang berada di Tangerang Selatan ini memiliki empat jurusan yaitu Akuntansi, Pajak, Kepabeanan dan Cukai, dan Manajemen Keuangan. Tanpa perlu berlama lagi, berikut jurusan PKN STAN yang harus Staners ketahui:

1. Jurusan Akuntansi

Akuntansi merupakan jurusan PKN STAN yang akan mendidik Staners agar memiliki kompetensi bidang akuntansi manajemen atau managerial accounting. Kompetensi tersebut berupa konsep dan praktik yang nantinya akan dibutuhkan oleh berbagai instansi di bawah kementrian keuangan. Setelah lulus dari PKN STAN, Staners pasti bisa mahir dalam beberapa hal, seperti melakukan proses pencatatan dengan lancar, klarifikasi, peringkasan, pengolahan dan pengkajian semua data transaksi, dan berbagai hal yang masih berkaitan dengan keuangan. Tak perlu khawatir akan bosan dengan jurusan ini karena ada ilmu lain yang akan didapatkan, seperi ekonomi, hukum keuangan negara, dan masih banyak yang lain.

2. Jurusan Pajak

Jurusan PKN STAN yang selanjutnya adalah jurusan pajak. Jurusan ini menjadi salah satu jurusan favorit yang bisa dibuktikan dengan banyaknya calon mahasiswa yang memilih jurusan ini. Jurusan pajak pada umumnya akan mempelajari tentang penyusunan laporan perpajakan. Selain itu, Staners juga akan diajarkan beberapa hal lain, seperti aktivitas tata usaha, administrasi pajak sebagai pemungut pajak, undang-undang perpajakan, hafalan tarif pajak, dan masih banyak yang lainnya. Pada jurusan ini Staners juga akan mempelajari pajak dan iuran kepemilikan bumi dan bangunan, serta pengurusan ijin ketika mendirikan sebuah bangunan.

3. Jurusan Kepabeanan dan Cukai

Pada jurusan ini Staners akan dibekali dengan berbagai hal yang berkaitan dengan transaksi jual beli antar negara seperti aktivitas ekspor dan impor. Aktivitas ekspor dan impor tersebut berkaitan dengan pajak ekspor impor, perijinan, dan syarat yang harus dipatuhi saat melakukan ekspor impor. Tak hanya itu saja, jurusan kepabeanan dan cukai ini juga akan mempelajari tentang transaksi berupa barang yang harus diawasi peredarannya dan transaksi dari barang yang harus dikendalikan tingkat konsumsinya. Staners juga akan dibekali dengan sifat-sifat bahan material kimiawi agar nantinya bisa melakukan inspeksi terhadap barang ekspor dan impor.

4. Jurusan Manajemen Keuangan

Jurusan PKN STAN yang terakhir adalah jurusan yang mempelajari tentang keuangan negara dan penilaian aset dan properti. Pada materi keuangan negara Staners akan belajar mengenai Sistem Perencanaan Anggaran, penyusunan APBN, pelaksanaan APBN di sektor belanja, pembiayaan, pengelolaan kas, dan masih banyak yang lainnya.


Baca juga : Persyaratan Masuk PKN STAN Tahun 2020


Jika melihat beberapa jurusan PKN STAN yang tersedia maka jelas sekali bahwa dengan masuk PKN STAN, Staners nantinya bisa dengan lancar mendapatkan masa depan yang gemilang dengan bekerja mengabdi kepada negara. Untuk bisa lolos dengan mudah, Staners bisa mencoba Priority STANBimbel PKN STAN terbaik yang sudah terbukti membimbing banyak calon mahasiswa dan berhasil lolos dengan nilai gemilang.