fbpx
(021) 7376272 prioritystan@gmail.com

Hi, Staners berikut informasi tentang Persyaratan Masuk PKN STAN Tahun 2019 – 2020, bagi kamu yang ingin berjuang masuk PKN STAN tahun ini, bagusnya kamu simak artikel dari Priority Stan yang dirangkum khusus hanya untuk kamu nih staners… disimak yaa..

Pada tahun 2019, terdapat 8 kementerian/lembaga yang membuka penerimaan, yaitu

  1. Kementerian Keuangan (PKN STAN) 3.000 formasi,
  2. Kementerian Dalam Negeri (IPDN) sebanyak 1.700 formasi,
  3. Badan Siber dan Sandi Negara (STSN) 100 formasi,
  4. Kementerian Hukum dan HAM (Poltekip dan Poltekim) 600 formasi,
  5. Badan Intelijen Negara (STIN) 250 formasi,
  6. Badan Pusat Statistik (Politeknik Statistika STIS) 600 formasi,
  7. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) 250 formasi, dan
  8. Kementerian Perhubungan dengan 11 Sekolah Tinggi, Poltek, dan Akademi yang membuka 2.676 formasi.

PENDAFTARAN melalui REGISTRASI ONLINE, terpusat pada satu portal, yaitu sscasn.bkn.go.id, untuk pendaftaran SPMB PKN STAN, berikut ini alur pendaftarannya :

  1. Registrasi di portal BKN, yaitu sscasn.bkn.go.id  
  2. Pengisian formulir di website spmb.pknstan.ac.id
  3. Kunci data catat kode MVA (mandiri virtual account, nomer rekening tujuan pembayaran)
  4. Melakukan Pembayaran melalui Bank Mandiri
  5. Cetak kartu ujian dengan mengakses portal sscasn.bkn.go.id

Peserta hanya boleh mendaftar pada satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga. Bila pelamar diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur. (Sumber Pengumuman Nomor B/393/S.SM.01.00/2019). Contohnya, mendaftar di PKN STAN dan STIS, maka otomatis dinyatakan gugur. Pastikan, kamu hanya mendaftar di salah satu dari 8 sekolah kedinasan di atas.

PERSYARATAN PENDAFTARAN PESERTA SPMB PKN STAN

  1. Lulusan (tahun 2019 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2020) semua sekolah menengah atas atau yang sederajat.
  2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar:
    • a. Untuk lulusan tahun 2019 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
    • b. Untuk calon lulusan tahun 2020, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas Xli) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
  3. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2020 adalah 20 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 2000 tidak diperkenankan untuk mendaftar. Usia minimal pada tanggal september 2020 adalah 17 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma I, dan 15 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma III.
  4. Berbadan sehat dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika dan zat adiktif lainnya). Kriteria berbadan sehatadalah;
    • a. mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik;
    • b. mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi; dan
    • c. mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu berjalan atau dengan menggunakan alat bantu berjalan seiain kursi roda.
    • d. tidak memiliki masalah kejiwaan yang dinyatakan dengan memenuhi persyaratan lulus pada Psikotes SeleksiPenerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN Tahun 2019
  5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  6. Khusus Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai ditambahkan syarat sebagai berikut:
    a. Jenis kelamin dan tinggi badan:
    1) Spesialisasi Diploma I:
    – Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm;
    – Perempuan tinggi badan minimal 155 cm;
    2) Spesialisasi Diploma III:
    – Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal165cm;
    b. Tidak cacat badan;
    c. Tidakbutawarna;dan
    d. Untuk pengguna kacamata / lensa kontak minus (rabun jauh) dan / atau plus (rabun dekat) dan/atau silindrls dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.
  7. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut :
    • a. telah menyelesaikan SD atau yang sederajat, SMP/SLTP atau yang sederajat di wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara TImur atau memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.
    • b. memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung)asli provinsi Papua,Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.
  8. Menyetor biaya pendaftaran sebesar Rp300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarifatas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.
  9. Pendaftar tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara pada tahun-tahun sebelumnya.

Semua persyaratan di atas, wajib kamu penuhi yah. Banyak pertanyaan terkait poin nomer 2, yaitu nilai ijazah, apakah semua mata pelajaran atau tidak? Iya, semua mata pelajaran yah.

Jika di ringkas, maka DOKUMENYANG DISIAPKAN untuk mendaftar di portal sscn.bkn.go.id, yaitu sesuai poin di bawah ini :

  1. Kartu Identitas, yaitu KTP / kartu keluarga / surat keterangan pengganti KTP
  2. Pas Foto, yaitu Pas foto berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi perempuan yang berjilbab untuk menggunakan jilbab putih polos
  3. Ijazah / Rapor, yaitu Bagi lulusan tahun 2019 atau sebelumnya wajib menggunakan ijazah. Untuk calon lulusan tahun 2020, sementara dapat menggunakan nilai rapor pada semester 1 s.d. 5
  4. Dokumen Tambahan, yaitu Bagi pendaftar Program Afirmasi, dokumen tambahan berupa KTP orang tua, ijazah SD dan SMP, akta kelahiran, dan kartu keluarga atau surat keterangan hubungan keluarga

Setelah dokumen kamu lengkap, maka kamu bisa mulai melakukan pengisian data formulir yah, berikut ini adalah tata cara PENGISIAN FORMULIR PORTAL PKN STAN

  1. Registrasi di portal BKN, yaitu dengan Mendaftarkan akun, mengisi formulir pendaftaran, dan mengunggah dokumen
  2. Pengisian formulir, yaitu Mengisi data kesehatan, pilihan spesialisasi, menyimpan data, mengunci data, dan mendapatkan kode MVA
  3. Pembayaran, yaitu Melakukan pembayaran dan mengecek status pembayaran
  4. Cetak kartu ujian, yaitu Mencetak kartu ujian dengan mengakses ke portal BKN

POIN PENTING!

PEMILIHAN SPESIALISASI ATAU JURUSAN PADA PORTAL PKN STAN

  1. Kamu akan diberikan 3 pilihan spesialisasi, yang wajib kamu isi sesuai dengan prioritas.
  2. Isi data kesediaan kamu untuk ditempatkan di luar pilihan spesialisasi.
  3. Isi data kesediaan kamu untuk ditempatkan di Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai.

Pendaftaran ini baru bisa kamu lakukan, ketika sudah keluar pengumuman resmi dari pemerintah yah. Biasanya, pengumuman resmi akan keluar di bulan Maret 2020. Apa yang dituliskan disini, bersumber dari pengumuman resmi pada tahun 2019 yah!

Buat kamu yang belum tahu, mengenai Pendidikan di PKN STAN, kamu bisa cek disini yah!

Semoga informasi ini dapat membantu kamu yah!
Untuk pembahasan lebih detail tentang jadwal pendaftaran seleksi, alur tes, dan tata caranya, silahkan lanjut ke link berikut ini Waktu Pelaksanaan dan Jenis Tes SPMB PKN STAN Tahun 2020