(021) 73491891 prioritystan@gmail.com

Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional Menurut Islam

UJIAN nasional yang akan dihadapi pelajar Sekolah Menengah Umum dan sederajat kerap membuat gelisah, grogi, stres, dan sederet keluhan lain. Banyak siswa yang merasa gugup atau merasa dirinya  belum benar-benar-benar siap untuk “bertempur” pada waktu hari H ujian nasional nanti. Modesta Novindah dalam artikelnya yang dilansir wordpress.com mengatakan, bagi sebagian siswa entah itu siswa SD, SMP ataupun SMU kerisauan dan kebimbangan seringkali muncul. Kali ini akan dibagikan beberapa tips dan cara sukses menghadapi ujian nasional menurut Islam.

Tidak hanya belajar dan menghafal rumus saja. Tentunya kalian juga harus berdoa dan meminta petunjuk kepada Allah agar selalu diberi kemudahan dalam mengerjakan ujian nasional. Selain itu, peran orang tua dan guru dalam memberi ridho juga tidak boleh kalian sepelekan ya Staners. Banyak orang berkata bahwa ridho dari orang tua adalah ridho Allah. Tidak usah berpanjang lebar, yuk simak tips dan cara suksesnya.

Cara Sukses Menghadapi Ujian Nasional Menurut Islam

1. Berdoa Kepada Allah

Pertama, kalian harus menghamba kepada-Nya dengan beribadah secara sungguh-sungguh yakni dengan memperbanyak shalat sunnah, puasa sunnah. Dalam berdoa pergunakan waktu-waktu yang baik, misalnya adalah saat selesai shalat dan pada sepertiga malam yang terakhir sehabis menjalankan shalat tahajud. Sepertiga malam yang terakhir (antara jam 02.00 hingga menjelang subuh) adalah waktu yang paling baik untuk berdoa. Setelah itu, memuji-Nya dengan ikhlas dan memohon kepada-Nya dengan khusu’ dan penuh harap. Kalian juga harus mencari ridho Allah dengan banyak berbuat kebaikan di dunia, termasuk banyak bersodaqah. Serta bertawakkal kepada-Nya setelah berusaha dengan sungguh-sungguh.

2. Mencari Ridho Orang Tua

Cara sukses menghadapi ujian nasional yang kedua adalah dengan mendapatkan ridho dari kedua orang tua. Artinya, kita tidak melakukan sesuatu yang menyebabkan orang tua marah, murka dan mengata-ngatai kita dengan kata-kata yang buruk. Ingat kata-kata yang terucap dari mulut kedua orang tua kita (terlebih ibu) kepada kita dianggap oleh Allah sebagai sebuah permintaan dan sangat mudah untuk dikabulkan oleh Allah. Maka kita harus selalu melakukan hal-hal positif yang dapat menyebabkan orang tua bangga, bahagia dan ridho kepada kita.

3. Berbuat Baik Kepada Guru

Sebagai siswa tentunya kita harus menghormati dan menghargai guru sebagai orang tua kita selama di sekolah. Selain itu juga mentaati perintahnya dan mengerjakan tugas yang diberikan. Dan segera meminta maaf atas kesalahan yang kita perbuat. Niscaya, hal tersebut nantinya menjadi salah satu cara sukses menghadapi ujian nasional untuk diri kita.

4. Peran Diri Sendiri

Siswa juga memiliki peran yang sangat besar dalam keberhasilan ujian nasional. Hal-hal yang dirasa perlu untuk dikerjakan demi sukses dalam ujian nasional adalah dengan bekerja keras tentunya. Cara sukses menghadapi ujian nasional pun tentunya ditunjang dengan bersungguh -sungguh dan pantang menyerah, serta menentukan target agar bisa memperkirakan tingkat keberhasilan diri kita. Hindarilah sifat pemalas dan kurang bersungguh – sungguh dalam mengerjakan ujian nasional. Dan tentunya jangan lupa berdoa kepada Allah agar hasil yang didapat lebih maksimal.

Demikianlah Staners yang bisa disampaikan tentang cara sukses menghadapi ujian nasional  menurut Islam. Kuncinya yakin dan berusaha serta jangan lupa berdoa karena semua nantinya akan dipasrahkan kepada-Nya. Dalam sebuah pepatah berbahasa Arab dikatakan bahwa مَنْ جَدَّ وَجَدَ“siapa yang giat, sungguh-sungguh (kerja keras dan cerdas) dia yang dapat”.