fbpx
(021) 7376272 prioritystan@gmail.com

Tips Agar Tidak Kena DO (Drop Out) di PKN STAN

DO atau Drop Out adalah salah satu hal yang sangat ditakuti oleh mahasiswa. PKN STAN menerapkan aturan yang cukup ketat untuk permasalahan DO ini. Kampus ini mengharuskan mahasiswanya untuk memperoleh IPK diatas 2,40 pada semester ganjil. Sementara untuk semster genap, IPK minimal yang harus diraih adalah 2,75. Menurut beberapa alumni, mencari nilai tinggi di STAN tidak mudah. Jika penasaran, baca tips menghindari drop out PKN STAN ini.

Pada prinsipnya, jika Anda hanya menginginkan untuk lulus, hal tersebut tidak sulit. Namun tentu saja sekedar lulus tidak cukup. Anda perlu meraih prestasi atau peringkat terbaik yang membanggakan. Perlu usaha keras dan kegigihan untuk mencapai hal ini. Selalu raih IPK diatas batas minimal dan jauhi hal-hal yang bisa membuat Anda di DO dari kampus favorit ini.

6 Tips Hindari Drop Out PKN STAN

1. Perhatikan Absensi

Tips hindari drop out PKN STAN yang pertama adalah dengan memperhatikan absensi. Dari 16 kali perkuliahan, setidaknya Anda harus mengumpulkan 80% kehadiran untuk mengikuti ujian. Disini berarti mahasiswa memiliki 2 kali jatah bolos setiap mata kuliah. Menurut beberapa alumni, nilai A akan mustahil didapat oleh mereka yang sengaja bolos atau tidak hadir tanpa keterangan.

2. Hindari Telat

Kemudian jangan sampai telat hadir di kelas. Beberapa dosen tidak suka pada mahasiswa yang datang terlambat. Biasanya dosen akan menghapal mahasiswa mana yang sering datang terlambat di kelasnya. Untuk itu, jangan biasakan datang terlambat di kelas jika tidak ingin ditandai oleh dosen mata kuliah tersebut.

3. Selalu Aktif dan Mengerjakan Tugas

Saat menjadi mahasiswa PKN STAN, usahakan untuk menjadi mahasiswa yang aktif di kelas. Saat Anda dikenal sebagai mahasiswa yang aktif dan rajin mengerjakan tugas, tentu saja akan mendapatkan nilai lebih di mata dosen. Kerjakan setiap tugas yang diberikan sebaik-baiknya. Hindari menyalin tugas teman, jika ketahuan Anda akan mendapatkan sanksinya.

4. Jangan Menyontek

Menyontek adalah kebiasaan tidak baik yang harus dihindari. Jika mahasiswa PKN STAN ketahuan menyontek ketika ujian, sanksi yang diterapkan adalah DO seketika. Apabila ujian yang diberikan dalam bentuk paper atau makalah, kerjakan sendiri. Jangan sampai ada unsur plagiarisme di dalamnya. Mahasiswa yang ketahuan melakukan plagiarisme akan diancam drop out PKN STAN.

5. Berlatih Menulis Tangan Dengan Rapi

Ujian PKN STAN menggunakan sistem pilihan ganda. Namun, biasanya dosen tidak akan benar-benar memeriksa kertas ujian. Mereka cenderung akan membaca scanning jawaban. Jika jawaban terlihat penuh, tulisan rapi, dan jawabannya memuaskan, maka secara otomatis Anda akan mendapat nilai bagus. Hal ini terbukti dengan dosen yang tidak pernah membagikan hasil ujian ke mahasiswa.

6. Belajar Bersama

Saat mendekati ujian, pastikan perbanyak koneksi. Seringlah datang ke sekitar lokasi fotokopian. Biasanya akan banyak kisi-kisi soal ujian yang beredar di tempat ini. Mempelajari kisi-kisi soal adalah kunci medapatkan nilai baik. Untuk itu, belajarlah dari kisi-kisi tersebut.

PKN STAN adalah salah satu kampus yang menerapkan standar tinggi dalam sistem pendidikannya. Salah satu aturan tersebut adalah mengenai DO yang diterapkan setiap semester. Aturan yang ketat ini diterapkan demi menjamin kualitas lulusan di masa mendatang. Belajar dengan sungguh-sungguh dan jauhi semua yang dilarang oleh kampus. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan menerapkan tips diatas. Semoga tips agar tidak kena drop out PKN STAN ini bermanfaat.