fbpx
(021) 7376272 prioritystan@gmail.com

Setelah Lulus Kuliah di PKN STAN, jadi apa?

Momentum lulus kuliah merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh mahasiswa semester akhir. Setelah berjibaku dengan sederet jadwal kuliah, ujian, maupun tugas akhir/skripsi yang menemani selama masa perjuangan, akhirnya saatnya tiba di penghujung perjalanan. Lulus kuliah di PKN STAN bagi mahasiswa PKN STAN ialah awal menjalani kehidupan baru untuk melakoni pekerjaan.

Macam-macam bidang yang digeluti setelah lulus kuliah di PKN STAN

  1. PNS di Direktorat Jenderal Pajak (DJP)

Lulus kuliah di PKN STAN bagi mahasiswa alumni jurusan akuntansi, jurusan pajak serta jurusan penilai/ pajak bumi dan bangunan memiliki prospek karier yang bagus diantaranya dapat bekerja di Ditjen Pajak. Ditjen Pajak memangku misi meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat dalam memenuhi kewajiban perpajakannya di bidang Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan lain-lain sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Lulusan dari jurusan penilai/ pajak bumi dan bangunan akan lebih khususnya ditempatkan di Direktorat Ektensifikasi dan Penilaian, Kantor Pelayanan Pajak Pratama serta Kantor Pelayanan PBB.

Bagi mahasiswa jurusan akuntansi dapat berkarya pada kantor direktorat jenderal pajak sedangkan mahasiswa dari jurusan pajak dapat bekerja dengan pola lebih tersebar seperti pada Kantor Pusat DJP, Kantor Wilayah DJP, Kantor Pelayanan PBB, Kantor Pelayanan Pajak maupun Kantor Pemeriksaan dan Penyidikan Pajak, serta Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan.

  1. PNS di Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC)

Mahasiswa yang memiliki prospek karier untuk bekerja di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai diantaranya yaitu mahasiswa lulusan kuliah di PKN STAN dari jurusan kepabeanan dan cukai yang ditempatkan di Kantor Pusat DJBC, Kantor Wilayah DJBC, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai, Kantor Bantu Pelayanan Bea dan Cukai, Pos Pengawasan Bea dan Cukai, Pangkalan Sarana Operasi Bea dan Cukai, hingga Balai Pengujian dan Identifikasi Barang. PNS di Direktorat Jenderal  Bea dan Cukai juga dapat berasal  dari jurusan lain seperti akuntansi yang dapat mengabdi di Kantor Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC).

  1. PNS di Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (DJPBN)

Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (DJPBN) berisi mahasiswa lulus kuliah di PKN STAN dengan jurusan kebendaharaan negara yang ditempatkan pada Kantor Pusat DJPBN, Kantor Wilayah DJPBN, hingga Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara. Mahasiswa jurusan  kebendaharaan negara juga dapat bertugas pada Ditjen Anggaran, Ditjen Perimbangan Keuangan, hingga Ditjen Pengelolaan Utang.

  1. PNS di Direktoral Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)

Direktoral Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menerima mahasiswa yang lulus kuliah di PKN STAN baik dari jurusan akuntansi maupun jurusan pengurusan piutang dan lelang negara. Jurusan akuntansi dapat bekerja pada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) sedangkan lulusan dari jurusan pengurusan piutang dan lelang negara, dapat bekerja dengan pola lebih tersebar yaitu pada Kantor Pusat DJKN, Kantor Wilayah DJKN, serta Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang.

  1. PNS pada Kementerian atau Lembaga Negara Lainnya

Kamu yang lulus kuliah di PKN STAN juga dapat bekerja pada 26 kementerian atau lembaga negara lain di luar Kementerian Keuangan. Kementerian atau lembaga negara tersebut diantaranya Kemenko Perekonomian, Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian BUMN, Kementerian Pemuda dan Olahraga juga lembaga negara seperti  BPK, Komnas HAM hingga Banwaslu.

Jadi bagaimana, apakah kamu sudah siap untuk menjadi salah satu lulusan PKN STAN? Masa depan setelah lulus kuliah di PKN STAN dalam berkarya di lini depan pembangunan bangsa menantimu!