fbpx
(021) 7376272 prioritystan@gmail.com

Kali ini Priority STAN akan membahas salah satu jurusan yang bisa dibilang harus mempunyai fisik yang kuat. Apalagi kalau bukan PKN STAN jurusan kepabeanan dan cukai. Jurusan ini adalah jurusan yang ketat proses seleksinya sejak awal. Dimulai dari tidak boleh buta warna, adanya minimal tinggi badan dan juga tidak boleh memiliki mata minus diatas 2 dioptri.

Akan tetapi hal tersebut tak menyusutkan niat bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah di PKN STAN jurusan kepabeanan dan cukai ini. Terbukti kuota dari jurusan ini selalu terpenuhi. Di tahun 2019, jurusan kepabeanan dan cukai membuka kuota sebanyak kurang lebih 650an mahasiswa. Ada dua program diploma yang bisa kalian pilih di jurusan ini, untuk lebih jelasnya akan dijelaskan di bawah ya.

Jurusan di Kepabeanan dan Cukai PKN STAN

1. Sekilas Tentang Jurusan Kepabeanan dan Cukai

Bea adalah ongkos barang yang keluar atau masuk suatu negara, yakni ada bea masuk dan bea keluar. Instansi pemungutnya disebut pabean. Hal-hal yang berkaitan dengannya disebut kepabeanan. Sedangkan pengertian dari cukai adalah pajak atau pungutan yang bersifat wajib yang diadakan oleh negara secara tidak langsung kepada konsumen yang menikmati/menggunakan obyek cukai. 

Kuliah disini bisa dikatakan susah. Selain proses masuknya yang ketat perkuliahan di jurusan kepabeanan dan cukai ini memiliki sistem yang agak semi militer. Hal itu dilakukan karena nantinya bisa aja ditempatkan di pelabuhan atau daerah perbatasan sehingga mungkin akan menghadapi penyelundup atau mafia secara langsung. Jadi bisa dibilang bahwa jurusan kepabeanan dan cukai ini adalah satu-satunya di jurusan yang menerapkan semi militer.

2. Program Studi yang Ditawarkan

Terdapat dua program studi yang ditawarkan oleh PKN STAN jurusan kepabeanan dan cukai. Antara lain Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai dan Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai.

Proses perkuliah untuk Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai dilalukan di Kampus PKN STAN. Sedangkan untuk Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai, selain dilaukan proses belajar mengajar di Kampus PKN STAN, program studi ini juga mengambil tempat di Balai Diklat Keuangan yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

3. Visi dan Misi Jurusan Kepabeanan dan Cukai

Dengan mempunyai visi yaitu menjadikan Program Diploma baik Diploma I ataupun Diploma III yang mampu mencetak lulusan yang amanah, profesional berintegritas tinggi, dan bertanggung jawab serta mampu memenuhi kebutuhan yang dibutuhkan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. PKN STAN jurusan kepabeanan dan cukai ini juga memiliki beberapa misi untuk mewujudkan visi tersebut. Salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan stakeholder dalam rangka menunjang dan mengembangkan kegiatan pembelajaran di bidang kepabeanan dan cukai.

4. Lulusan Jurusan Kepabeanan dan Cukai

Prospek kerja dari lulusan PKN STAN Jurusan Kepabeanan dan Cukai yaitu bekerja di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Selanjutnya lulusan dari jurusan ini akan ditempatkan di bandara, pelabuhan, kantor pusat, serta kantor-kantor yang berada di wilayah-wilayah hingga perbatasan negara.

Gimana nih Staners, masih berminat kan kuliah di PKN STAN jurusan kepabeanan dan cukai kan? Meskipun bisa dibilang melalui proses masuk yang paling ketat diantara jurusan lain dan tak lupa juga banyak peminat dan saingannya, jurusan ini patut kalian coba jika ingin bekerja di kantor bea dan cukai di Indonesia dan juga prospek kerja disini terbilang cukup menjanjikan. Ditambah lagi, jurusn kepabeanan dan cukai ini memiliki aspek-aspek berbeda yang tidak dimiliki oleh ketiga jurusan lain di PKN STAN.