fbpx
(021) 7376272 prioritystan@gmail.com

Lulusan PKN STAN Langsung Jadi CPNS Kemenkeu

Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan pernah mengatakan peluang besar lulusan PKN STAN langsung jadi CPNS Kemenkeu merupakan suatu kehormatan atau privilege. Ia menyebutkan bahwa Kementerian Keuangan adalah tempat bagi orang yang memiliki jiwa profesional, komitmen akan integritas, kejujuran, dan akuntabilitas.

Bagi kamu yang berniat kuliah di PKN STAN, iming-iming peluang besar menjadi PNS di Kementerian Keuangan tentunya menjadi alasan yang tak terelakkan.  Gaji dan tunjangan yang cukup besar, jaminan hidup hingga pensiun, serta kesempatan berkarya secara langsung di salah satu institusi Kementerian di Indonesia menjadikan seluruh orang berlomba-lomba untuk dapat menjadi mahasiswa PKN STAN sehingga dapat menjadi Lulusan PKN STAN yang membanggakan. 

Tidak Semua Mahasiswa Lulusan PKN STAN Langsung Jadi CPNS Kemenkeu

  1. Mahasiswa Lulus Ujian TKD Akan menjadi CPNS

Ujian TKD dilakukan bersamaan saat awal masa pendaftaran menjadi mahasiswa baru PKN STAN. Bagi mahasiswa yang lolos masuk PKN STAN maka secara otomatis lolos TKD dan siap menjadi CPNS. Tes kompetensi dasar (TKD) merupakan ujian yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Berdasarkan hal tersebut, maka apabila mahasiswa telah diwisuda langsung dapat dinyatakan sebagai CPNS walaupun tidak dinyatakan bahwa lulusan PKN STAN langsung jadi CPNS Kemenkeu.

  1. Lulusan PKN STAN Menjalani On Job Training (OJT)  dan Diklat Teknis Umum (DTU) Sebelum Menjadi PNS

Mahasiswa menjalani kewajiban OJT (On Job Training)  yang dialami kurang lebih setahun. OJT akan disesuaikan dengan instansi penempatan mahasiswa. Selama masa OJT, maka mahasiswa akan mendapatkan gaji dan tunjangan. On Job Training juga penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana karakter kantor tempat penempatan serta rekan-rekan pegawai disana.

Lulusan PKN STAN juga akan menjalani kewajiban Diklat Teknis Umum (DTU) yang berada di bawah tekanan kopassus yang biasanya dilaksanakan serta terdapat kegiatan samapta yang merupakan kegiatan belajar bareng kopasus yang dilaksanakan. Dari dua kegiatan ini tidak menjadikan lulusan PKN STAN langsung jadi CPNS Kemenkeu.

  1. Lulusan PKN STAN Menjalani DTSD Sebelum Menjadi PNS

Masa orientasi lainnya ialah DTSD ( Diklat Teknik Substantive) yang bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap secara menyeluruh mengenai pengetahuan para calon pegawai di lingkungan kerja. DTSD sama seperti kegiatan kuliah tapi tidak dilaksanakan di kampus melainkan di pusdiklat setiap instansi.

  1. Lulusan PKN STAN Menjalani Diklat Pelatihan Dasar (Diklatsar) Sebelum Menjadi PNS

Diklat Latsar CPNS merupakan hasil kerja sama antara Badan Kepegawaian Negara dan Lembaga Adminisitrasi Negara. Pelaksanaan Diklat Latsar CPNS sekarang dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu tahap internalisasi, tahap aktualisasi, dan tahap evaluasi aktualisasi. Tahap internalisasi dilaksanakan selama lima minggu. Pada tahap ini, peserta tidak hanya diberi materi diklat, tapi juga diberi pelatihan MFD dan wajib menyusun RPA.

  1. Kesempatan Menjadi PNS Juga pada Kementerian/Lembaga Negara Lain

PKN STAN yang telah mengembangkan sistem pendidikan menjadi perguruan tinggi vokasi menawarkan lapangan pekerjaan lulusan yang tidak hanya terbatas menjadi CPNS di Kemenkeu. Lulusan STAN pun dibutuhkan di lembaga pemerintah daerah, BUMN, maupun lembaga non-kementerian lainnya. Kebutuhan akan pengelola dan pengawas keuangan semakin besar contoh seperti pengelolaan dana desa yang membutuhkan tenaga dari lulusan PKN STAN. Hal ini mengartikan bahwa meskipun seluruh lulusan berpeluang besar menjadi CPNS Kemenkeu namun tidak semua lulusan PKN STAN langsung jadi CPNS Kemenkeu.

Sekarang kamu sudah tahu bukan bahwa lulusan PKN STAN langsung jadi CPNS Kemenkeu akan terwujud apabila lolos berbagai tahapan setelahnya. Bahkan lulusan PKN STAN juga dapat menjadi PNS di Kementerian/Lembaga Negara Lain. Selamat berkarya!