fbpx
(021) 7376272 prioritystan@gmail.com

Lulus PKN STAN langsung jadi PNS?

Sering digadang – gadang bahwa lulusan dari PKN STAN nantinya akan bekerja sebagai PNS. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Banyak lulusan dari PKN STAN ini nantinya akan tersebar di beberapa kementrian, seperti Kementrian Keuangan contohnya. Jadi bisa dibilang lulus PKN STAN PNS di depan mata, itu adalah benar adanya.

Dengan masa depan yang menjanjikan, maka untuk masuk ke PKN STAN pun tidaklah mudah. Ada serangkaian tes dan juga syarat – syarat tertentu yang harus dilalui oleh calon mahasiswa. Sebut saja Tes Kemampuan Dasar ( TKD). Jika kalian masuk ke perguruan tinggi pada umumnya, bentuk tes ini pasti jarang ditemukan.

Lulusan PKN STAN akan menjadi PNS

1. Sekilas tentang PKN STAN

Perguruan tinggi yang berikatan dinas di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementrian Keuangan Republik Indonesia ini bertujuan untuk menyelenggarakan pendidikan untuk Program Studi Diploma dalam bidang keuangan negara. Sebagai infomasi, mahasiswa yang keterima di PKN STAN ini tidak perlu dipungut biaya perkuliahan selama mengikuti pendidikan disini. PKN STAN sendiri terdiri dari 4 jurusan yang terbagi menjadi beberapa program studi antara lain jurusan akuntansi, jurusan manajemen keuangan, jurusan pajak dan yang terakhir adalah jurusan kepabeanan dan cukai.

2. Sistem Pendidikan di PKN STAN

Seperti kebanyakan kampus pada umumnya, PKN STAN menyelenggarakan perkuliahan menggunakan sistem semester Ganjil dan Genap. Setiap semester terdiri dari 16 pertemuan yang dilangsungkan dalam 16 minggu. Jadi selama satu minggu biasanya terdapat satu pertemuan untuk satu mata kuliah. Syarat minimal pertemuan tiap semester adalah 13 pertemuan (80%). Bila kurang, mahasiswa atau mahasiswi yang bersangkutan tidak berhak untuk mengikuti UAS, dalam kata lain akan menghadapi ‘pengulangan’ atau DO (Drop Out) bila telah mengulang sebelumnya. Dikarenakan setelah lulus PKN STAN PNS telah menyambutnya, maka sistem perkuliahannya pun terbilang cukup ketat. Hal itu dimaksudkan agar calon lulusan – lulusan dari PKN STAN memiliki integritas yang bagus dalam nantinya penempatan di wilayah kementrian.

3. Prospek Kerja Setelah Lulus dari PKN STAN

Lulus PKN STAN PNS akan menanti. Kalimat itu rasanya cocok sekali bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah disini. Pasalnya, sejak tahun 2016 juga, lulusan PKN STAN tidak hanya langsung di angkat menjadi PNS di lingkungan Kementerian Keuangan saja. Namun juga tersebar di berbagai kementerian lain, seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Perekonomian, dan lainnya. Perlu di ketahui juga, bahwa kebijakan setiap tahun berbeda beda, tergantung kebutuhan negara. Jadi, kalo di tanya lulus PKN STAN PNS akan menghampirimu? Ya, karena PKN STAN adalah perguruan tinggi ikatan dinas, namun jeda tentang waktu diangkatnya berbeda – beda setiap instansi pemerintah. Oleh karena itu, kalian yang punya cita – cita atau tujuan untuk masuk disini dan bekerja menjadi PNS, sebaiknya mempersiapkan hal tersebut sejak awal. Karena sistem masuk di PKN STAN juga bisa berdasar nilai rata – rata rapor selama masih duduk di bangku sekolah.

Lulus PKN STAN PNS menjadi batu loncatan bagi calon mahasiswa untuk mengembangkan karir nantinya. Maka dari itu, perjuangan yang susah dan persaingan yang ketat pada awal pendaftaran menjadi hasil yang memuaskan tatkala lulusan dari PKN STAN diterimasi bekerja pada lingkungan pemerintahan. Selain itu, dengan banyaknya peminat dan hanya sekitar 5 persen saja mahasiswa yang diterima membuat PKN STAN menjadi slah satu perguruan tinggi di Indonesia yang patut diperhitungkan keberadaanya.