fbpx
(021) 7376272 prioritystan@gmail.com

Di bulan-bulan mendekati Ujian Nasional, biasanya ini adalah kegalauan terbesar. Bagaimana cara membagi waktu belajar untuk masuk perguruan tinggi, misalnya PKN STAN, sementara di sekolah kamu lagi sibuk-sibuknya di push untuk persiapan Ujian Nasional.

Apalagi, Ujian Nasional itu mempertaruhkan reputasi sekolah, dan cukup penting sebagai syarat jika kamu ingin melanjutkan kuliah. Khusus untuk PKN STAN, ujian nasional hanya digunakan untuk lulusan tahun sebelumnya, sementara untuk lulusan tahun ini, hanya menggunakan rata-rata nilai raport saja.

Nah, ada 5 Tips nih yang bisa kamu lakukan! Coba lakukan yaah….

1. Jadikan waktu belajar di kelas adalah waktu terbaik untuk belajar.

a. Siapkan materi sebelum pelajaran dimulai. Kalau hanya punya waktu sedikit buat membaca seluruh bahan materi, banyaklah bertanya. Ulang sekilas materi terakhir supaya tidak banyak diam sewaktu guru menerangkan materi baru.

b. Dengarkan dengan serius apa yang diterangkan guru dan cobalah mengulang kembali materi yang baru di dapat versi bahasamu sendiri. Resep ini mujarab buat mencegah sistem belajar kebut semalam karena materinya akan lama tersimpan di otak kita.

c. Ketika kamu dirumah, kamu bisa fokus belajar untuk masuk PKN STAN. TIdak usah buka lagi materi-materi di sekolah tadi. Jadi, kamu bagi waktu kamu, 8 jam belajar di sekolah, 4 jam belajar di rumah. Itu sudah sangat cukup loh! Yang penting kamu bisa konsisten. Ingat, waktumu tinggal sebentar, jadi jangan disia-siakan yaah…

2. Buat daftar harian

a. Tulis secara singkat 5 tugas yang harus dikerjakan, baik urusan sekolah atau pribadi, berurut mulai dari yang terpenting hingga yang terkecil. Contoh, (1) mengerjakan PR Matematika, (2) Mengerjakan 50 Soal PKN STAN, (3) Menonton 30 menit Video Materi PKN STAN, (4) Membantu Orang Tua atau Menyenangkan Orang Tua, dan sebagainya.

b. Buat juga cita-cita kecil yang bisa dikerjakan hari ini, misal membaca 5 halaman pelajaran Matematika atau Bahasa Inggris. Tidak apa-apa sedikit, yang penting adalah konsistensinya yah! Jangan push diri kamu terlalu berat yah guys…

3. Rencanakan Jadwal Mingguan

a. Buat agenda mingguan yang berisi jadwal pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler atau les tambahan, tugas rumah, tidur dan makan. Tulis semuanya supaya terlihat urutan waktunya. Jangan lupa sisakan baris kosong buat kegiatan yang mendadak muncul kemudian hari.

b. Usahakan buat waktu belajar selama dua jam per satu jam pelajaran di sekolah. Jangan kebanyakan yaah!

4. Gunakan Waktu siang dan malam sebaik mungkin, ingat, waktu tidak bisa diulang!

a. Di sekolah kamu bisa membaca terlebih dulu materi pelajaran sebelum guru masuk kelas. Begitu juga sesudah pelajaran selesai, buatlah ringkasan kecil tentang materi baru. Supaya mudah diingat tulis materi tersebut dalam kartu-kartu kecil, atau tempat lain yang mudah dibaca kembali.

b. Atur waktu belajar sebanyak mungkin ketika hari masih terang. Usahakan cari tempat belajar yang sunyi atau tidak berisik supaya kamu dapat berkonsentrasi.

5. TOLAK ajakan yang mendadak atau tidak ada di rencanamu!

Mulailah berkata ‘tidak’ pada hal-hal yang dapat merusak alur rencana. Nah, ini kamu wajib galak! Jangan mudah tergoda nongkrong, main game, youtube-an, atau hal-hal yang bisa membuat kamu terlena. So, yuk belajar bilang tidak yah!

Semoga tips di atas bermanfaat yah!
Semoga kamu bisa membagi waktu kamu dengan baik!