(021) 22733479 prioritystan@gmail.com

Wa, Begini Nasib Lulusan PKN STAN

Menjadi mahasiswa PKN STAN merupakan impian banyak siswa-siswa lulusan SMA. Persaingan yang ketat untuk memperebutkan satu kursi di PKN STAN sepertinya sebanding dengan nasib lulusan PKN STAN setelah lulus dalam menempuh pendidikan. Lulusan dari perguruan tinggi ini merupakan orang-orang terpilih yang sebagian besar akan menjadi bagian dari Kementerian Keuangan.

Mahasiswa yang lulus dari PKN STAN memiliki kesempatan besar menjadi CPNS yang wajib memberikan tenaga, pikiran, serta pengabdian untuk bangsa di seluruh penjuru tanah air.

Setelah masa perkuliahan, bagaimana karier lulusan PKN STAN?

  1. Peluang Bekerja Tidak Hanya pada Kementerian Keuangan

Bagi kamu yang selama ini mengira bahwa lulusan PKN STAN hanya dapat bekerja di Kementerian Keuangan maka dugaanmu salah. Hal ini karena mahasiswa PKN STAN juga ditampung dan diterima pada berbagai lembaga dan kementerian lain seperti   Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Kementerian Perhubungan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Petahanan, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Badan Narkotika Nasional, serta Badan Ekonomi Kreatif.

  1. Lulusan PKN STAN ditempatkan di seluruh Wilayah Indonesia

Para mahasiswa yang menyandang gelar dari PKN STAN maka diwajibkan untuk bersedia ditempatkan di manapun di seluruh Indonesia. Mengacu pada perkataan Menteri Keuangan, Sri Mulyani pada acara wisuda PKN STAN bahwa lulusan tidak hanya bekerja di Jakarta, namun dalam rangka pembangunan Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote maka ini lahan bagi para lulusan untuk, bekerja, beramal, mengabdi kepada negara untuk mengelola keuangan negara yang baik di seluruh penjuru tanah air. Penempatan di suatu tempat tentunya dengan mempertimbangkan formasi yang ada.

  1. Lulusan PKN STAN telah lolos CPNS di awal pendaftaran

PKN STAN merupakan perguruan tinggi yang telah mengembangkan layanan pendidikan vokasi. Berdasarkan terbitnya undang-undang ASN (Aparatur Sipil Negara), maka lulusan ini tidak bisa langsung menjadi CPNS di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan tetapi harus mengikuti tes kompetensi dasar (TKD) yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Pola penerimaan di PKN STAN menyatakan bahwa TKD untuk masuk CPNS dilakukan di awal saat penjaringan mahasiswa baru. Sehingga apabila lolos masuk PKN STAN secara otomatis lolos TKD dan siap menjadi CPNS.

  1. Terdapat Masa Diorientasi

Lulusan PKN STAN yang dinyatakan lolos dalam ujian CPNS selanjutnya akan mengalami masa orientasi CPNS. Selama masa orientasi, maka CPNS akan dikenalkan dengan tugas dan fungsi seluruh unit pada tiap unit penempatan di kementerian atau direktorat tertentu serta hal-hal yang berkaitan dengan kementerian tersebut. PNS akan diminta meningkatkan kapasitas, memegang teguh peraturan perundang-undangan , serta siap menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang professional.

  1. Kesempatan Melanjutkan Pendidikan

Kamu yang telah menjadi lulusan PKN STAN jangan khawatir dengan jenjang karier yang hanya  ahli pratama atau ahli madya saja, karena kamu punya kesempatan besar untuk melanjutkan pendidikan. Setelah 2 tahun kerja sebagai PNS kalian berhak untuk ikut ujian D3 khusus untuk lulusan D1 PKN STAN atau D4 bagi lulusan D3 PKN STAN. Setelah lulus dari D4 STAN juga berhak melanjutkan pendidikan lebih tinggi.


PKN STAN menawarkan jenjang karier yang besar peluangnya agar kamu dapat menjadi CPNS atau hingga sukses menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang sekarang lebih sering disebut ASN ( Aparatur Sipil Negara). Lulusan PKN STAN, tentunya akan berkarier di Kementerian Keuangan maupun lembaga serta kementerian lain yang cukup menggiurkan. Buat kamu yang bermimpi masuk PKN STAN dan memiliki keinginan menjadi alumninya maka ini saatnya kamu berkarya untuk Indonesia!