(021) 73491891 prioritystan@gmail.com

Begini Cara Pendaftaran Online PKN STAN Yuk Di Simak

Kali ini Priority Stan akan membagikan cara pendaftaran online PKN STAN. Bagi kalian yang masih merasa bingung bagaimana caranya untuk mendaftar online, baiknya menyimak baik-baik gimana sih tata cara pendaftarannya. PKN STAN masih menjadi perguruan tinggi yang diminati oleh calon peserta mahasiswa. Dengan banyaknya peserta yang mendaftar setiap tahunnya, maka semakin banyak persaingan yang dihadapi.

Berikut adalah tata cara pendaftaran online yang harus kalian ketahui. Selain itu, jangan lupakan syarat – syarat yang juga harus kalian penuhi untuk bisa mendaftar salah satu perguruan tinggi kedinasan ini.

Cara Pendaftaran Online PKN STAN

1. Registrasi Peserta

Tahapan pertama adalah registrasi peserta melalui website sscasn.bkn.go.id yang terdiri dari tahapan berikut

a. Pilih menu Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Melalui Pendidikan Kedinasan.

b. Setelah itu, daftarkan diri dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) untuk mendapatkan akun dan password yang nantinya akan digunakan untuk login.

c. Login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.

d. Memilih sekolah kedinasan PKN STAN, melengkapi biodata dan mengunggah dokumen yang diperlukan. Khusus untuk calon peserta program afirmasi diharapkan untuk mengunggah tambahan dokumen.

e. Mengecek resume dan mencetak bukti pendaftaran.

f. Logout dari portal sscasn.bkn.go.id untuk melanjutkan proses berikutnya melalui website spmb.pknstan.ac.id.

Peserta pendaftaran online PKN STAN, hanya diperbolehkan mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementrian. Apabila calon peserta diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan, maka peserta tersebut dianggap gugur.

2. Pengisian Formulir Pendaftaran Online

a. Login ke website spmb.pknstab.ac.id, kemudian masuk menggunakan akun dan password yang tadi tealh didaftarkan di sscasn.bkn.go.id

b. Mengisi data pilihan spesialisasi

c. Mengisi data tambahan pada formulir pendaftaran online

d. Mengunci data dan mendapatkan kode billing berupa Mandiri Virtual Account (MVA)

e. Menyetor biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan

3. Unduh dan Cetak Kartu Ujian

Cara pendaftaran online PKN STAN selanjutnya adalah mencetak kartu ujian. Setelah melakukan pembayaran, peserta pendaftaran mengunduh dan mencetak kartu ujian pada website sscasn.bkn.go.id. Kartu ujian tereebut dapat diunduh dan dicetak satu hari setelah calom peserta menyetor biaya pendaftaran.

4. Ketentuan Bagi Peserta Program Afirmasi

Untuk calon peserta program afirmasi wajib mengunggah tambahan dokumen pada portal sscasn.bkn.go.id sebagai berikut

a. Ijazah SD dan Ijazah SMP

b. Akta kelahiran peserta, KTP ayah atau ibu kandung dan Kartu Keluarga atau Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan/Kepala Desa.

5. Melakukan Pembayaran

Calon peserta melakukan pembayaran dengan sesuai jadwal. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank Mandiri, dengan cara setoran tunai, ATM, M-Banking ataupun internet banking menggunakan MVA. Jangan sampai telat dan lupa membayar ya Staners.

6. Panduan Pendaftaran

Jika kalian merasa kesulitan dalam melakukan pendaftaran online PKN STAN, sebaiknya Staners mengunjungi situs www.kemenkeu.go.id. Selain itu, panduan pendaftaran secara lengkap dapat dibuka melalui www.bppk.kemenkeu.go.id atau www.pknstan.ac.id.

Demikianlah tata cara pendaftaran online PKN STAN yang bisa disampaikan. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa membuka website Kementrian Keuangan dan website resmi PKN STAN untuk keterangan lebih lanjut. Kalian juga jangan sampai kelewatan jadwal pendaftarannya ya Staners.  Kan , tidak lucu jika kalian sudah mempersiapkan dan belajar dengan sungguh – sungguh namun ketinggalan jadwal pendaftaran dan salah dalam tahapan pendaftaran di PKN STAN ini.