(021) 73491891 prioritystan@gmail.com

Bagaimana Bisa Lolos SPMB PKN STAN?

Hai Staners, pasti banyak diantara kalian yang memiliki pertanyaan gimana sih caranya supaya bisa lolos SPMB PKN STAN?  Apa ada tips dan triknya? Pertanyaan tersebut, hampir selalu muncul setiap tahun saat PKN STAN membuka pendaftaran. Bagaimana tidak? Politeknik Keuangan Negara STAN adalah perguruan tinggi yang banyak sekali diminati oleh calon mahasiswa di seluruh Indonesia.

Dengan banyaknya peserta yang mendaftar ke PKN STAN, hal ini didasari karena biaya kuliahnya yang gratis. Tidak hanya itu, setelah lulus pun, mereka yang berkuliah di PKN STAN akan langsung diterima menjadi PNS yang tersebar di beberapa Kementrian Keuangan. Hal yang menggiurkan bukan? Itulah mengapa PKN STAN sampai saat ini masih menjadi pilihan untuk melanjutkan jenjang perkuliahan.

Tips Lolos SPMB PKN STAN

1. Pelajari Materi

Calon pendaftar PKN STAN perlu mempelajari materi-materi apa saja yang nantinya akan di ujikan. Ketika Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN akan ada berbagai tes yang akan diujikan seperti tes TPA, TBI, dan juga TKD. Tentu materi materi yang ada di dalam setiap tes tersebut tidak lah sedikit sehingga Staners perlu mempersiapkan diri. Pahami apa saja materi-materi yang biasa keluar saat tes. Banyak calon mahasiswa yang salah paham dan belum paham akan tes PKN STAN. Bahkan ada yang mengira tes untuk masuk PKN STAN adalah tes mengenai akuntansi, padahal nyatanya bukan.

2. Pahami Peta Soal SPMB PKN STAN

Selain mempelajari matari, tips selanjutnya agar lolos SPMB PKN STAN adalah pahami peta soalnya. Di ujian nanti, Staners akan mengerjakan soal yakni Tes Potensi Akademik (TPA) berjumlah 45 soal dengan waktu 40 menit, Tes Bahasa Inggris (TBI) 30 soal dengan waktu 20 menit. Serta, Tes Kemampuan Dasar (TKD) 100 soal dengan waktu 90 menit, yang meliputi tes seperti Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Selain itu kalian juga harus paham mengenai bobot nilai tes tersebut. Karena syarat kalian untuk lulus tes dari PKN STAN adalah nilai harus diatas ambang batas.

3. Belajar Dengan Sistem Waktu yang Cepat

Karena waktu yang mepet dan jumah soal yang banyak, kalian juga harus belajar untuk memperhitungkan masalah waktu untuk bisa lolos SPMB PKN STAN. Kan nantinya akan sia- sia jika kalian sudah belajar dengan serius, namun tidak lolos karena kurangnya memperhatikan waktu. Untuk soal tes kedinasan terutama PKN STAN, soal-soal yang perlu dikerjakan, kira-kira membutuhkan waktu rata-rata kurang dari satu menit. Oleh karena itu, jika kalian mengerjakan dengan cara yang biasa maka kita akan kesulitan untuk bisa mengerjakan soal secara maksimal. Jadi Staners harus memperbanyak koleksi cara untuk mengerjakan soal dengan cepat.

4. Belajar Secara Berkelompok Ataupun Sendiri

Banyak cara yang bisa dilakukan selama belajar soal agar bisa lolos tes ini. Ada yang lebih nyaman belajar bareng secara berkelompok, ada juga yang nyaman belajar sendirian. Hal itu tak manjadi masalah selama tujuan kalian tercapai yakni meningkatkan pemahaman belajar terhadap soal SPMB PKN STAN. Kalau belajar sendiri dirasa memberatkan kalian sebaiknya belajar dengan teman-temanmu. Atau belajar bareng-bareng itu kurang konsentrasi dan membuat tidak fokus, maka belajar sendiri bisa jadi alternatif.

5. Mengikuti Try Out

Setelah mempersiapkan diri kalian dengan belajar, saatnya mengukur kemampuanmu untuk lolos PKN STAN dengan mengikuti berbagai macam try out. Hal ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mengasah kemampuan soal kalian lho. Dengan mengikuti try-out, kalian bisa berlatih mengerjakan soal dan mengukur seberapa cepat waktu kalian dalam mengerjakan soal.

Demikianlah tips yang bisa diberikan oleh Priority Stan. Hal tersebut nantinya tergantung kalian ingin menerapkan tips dan trik yang mana. Yang penting adalah hasil akhirnya, yakni lolos SPMB PKN STAN. Semoga tips diatas dapat membantu kalian dalam mengerjakan tes ya Staners. Good luck.