(021) 73491891 prioritystan@gmail.com

5 Cara Hibur Anak yang Gagal SNMPTN atau SNBT

by | Jun 20, 2024 | parenting

Persiapan Fisik dan Mental Sebelum Ujian Kedinasan atau UTBK (2) (1)

Tahukah kami sobat Priority, pernahkah kalian merasa cemas ketika anak-anak kalian menghadapi kegagalan dalam ujian masuk PTN seperti SNMPTN atau SNBT?

Ketika anak-anak kita tidak berhasil lolos seleksi, mereka sering merasa sedih dan kecewa. Sebagai orang tua, peran kita sangat penting dalam memberikan dukungan emosional yang mereka butuhkan.

Artikel ini akan membahas lima cara yang dapat kalian lakukan untuk menghibur anak-anak yang gagal SNMPTN atau SNBT. Yuk, simak bersama!

1. Jangan Bandingkan Anak dengan yang Lain

Hal pertama yang harus dihindari adalah membandingkan anak dengan teman-teman mereka yang berhasil lolos. Kalimat seperti “kenapa kamu tidak bisa seperti mereka” dapat merusak rasa percaya diri anak. Sebaliknya, berikan dukungan dengan kata-kata yang memotivasi seperti, “Tidak apa-apa, kamu masih punya banyak kesempatan lain.”

2. Berikan Waktu Sendiri

Setiap anak memiliki cara yang berbeda dalam mengatasi kegagalan. Biarkan mereka memiliki waktu sendiri untuk merenung dan meredakan perasaan mereka. Jangan memaksa mereka untuk berbicara jika mereka belum siap.

3. Siap Jadi Tempat Curhat

Saat anak mulai merasa lebih tenang, jadilah pendengar yang baik. Biarkan mereka mengungkapkan perasaan dan pikiran mereka tanpa menyalahkan. Terkadang, yang mereka butuhkan hanyalah seseorang yang mendengarkan.

4. Ajak Anak untuk Melakukan Aktivitas Menyenangkan

Untuk mengalihkan perhatian dari rasa kecewa, ajak anak melakukan kegiatan yang mereka sukai, seperti menonton film, makan di luar, atau jalan-jalan ke tempat favorit. Ini dapat membantu mereka merasa lebih baik dan kembali semangat.

5. Berikan Motivasi dan Ajak untuk Menyusun Rencana Selanjutnya

Setelah suasana hati anak membaik, bantu mereka menyusun rencana selanjutnya. Diskusikan berbagai jalur lain yang bisa diambil untuk mencapai tujuan mereka, seperti mengikuti ujian SBMPTN atau ujian mandiri. Ingatkan mereka bahwa banyak jalan menuju kesuksesan.

“Ingat, Sobat Priority, kegagalan adalah bagian dari proses belajar. Dengan dukungan yang tepat, anak-anak kita bisa bangkit dan mencoba lagi.”

Menghibur anak yang gagal dalam ujian masuk PTN memerlukan kesabaran dan empati. Dengan tidak membandingkan, memberikan waktu sendiri, menjadi tempat curhat, melakukan aktivitas menyenangkan, dan membantu menyusun rencana, orang tua bisa membantu anak bangkit dari kekecewaan.

Baca juga: Cara Membentuk Growth Mindset pada Anak agar sukses di Dunia Kerja

Untuk mendukung Sobat Priority dalam mempersiapkan anak-anak mereka, jangan ragu untuk bergabung dengan Bimbel Priority. Dengan program bimbel yang komprehensif dan tutor berpengalaman, anak-anak kalian akan mendapatkan bimbingan terbaik. Ayo, daftar sekarang di Priority STAN dan bantu anak-anak meraih impian mereka bersama kami!

YUK MASUK PKN STAN BERSAMA PRIORITY

Mimpi kami sederhana, semoga dengan hadirnya Priority, dapat merubah nasib anak-anak yang merasa dirinya kurang mampu, kurang percaya diri, kurang informasi mengenai PKN STAN, menjadi anak-anak yang memiliki daya saing tinggi, sehingga bisa lulus USM PKN STAN.

Priority Siap Membantu Anda

Cek Program Kami

Yuk cari tahu program-program unggulan kami, sesuai dengan kebutuhan kamu!

Konsultasi Gratis

Jangan bingung lagi sekarang! Segera konsultasikan apa yang ingin kamu tanyakan, gratis!

i

Related Post