(021) 22733479 prioritystan@gmail.com

Penjelasan Singkat Tentang Materi TWK ( Tes Wawasan Kebangsaan)

Jika memilih PKN STAN sebagai lanjutan dari pendidikan yang ingin ditempuh, maka kalian harus mengikuti tes masuk yang disebut TKD (Tes Kemampuan Dasar). Berbeda dengan perguruan tinggi lainnya, TKD menjadi persyaratan umum untuk masuk ke PKN STAN. TKD sendiri terdiri dari tiga tes. Salah satunya TWK (Tes Wawasan Kebangsaan). Materi TWK PKN STAN tidak jauh dari materi kebangsaan yang dulu pernah dipelajari selama duduk di bangku sekolah.

Mempersiapkan tes tahap ke tiga merupakan keharusan bagi calon mahasiswa yang ingin lanjut ke PKN STAN setelah berhasil melewati tes tahap 1 dan 2. Tujuan dari pembelajaran TKW PKN STAN menjadi paling penting dikarenakan apabila kamu berhasil melewatinya kamu akan sah menjadi mahasiswa PKN STAN. Untuk itu kamu wajib tahu materi – materi apa saja yang biasa keluar pada tes TWK PKN STAN.

Penjelasan Materi TWK PKN STAN

1. Pancasila

Hal mendasar yang dipelajari dalam TWK adalah pancasila. Pengertian pancasila yaitu ideologi dasar dalam kehidupan bagi negara Indonesia. Pancasila juga menjadi landasan dari segala keputusan bangsa dan mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia. Untuk itu, materi ini sangat penting dan termasuk materi dasar yang harus kalian kuasai, termasuk pula kalian harus mempelajari tentang ideologi pancasila.

2. Undang – Undang Dasar 1945

Materi TWK PKN STAN kedua yang harus dipelajari adalah undang – undang dasar 1945. UUD 1945 adalah hukum dasar tertulis yang mengikat pemerintah, lembaga negara, lembaga masyarakat dan juga mengikat setiap warga negara Indonesia dimanapun mereka bersa dan juga mengukat setiap penduduk yang berasa di wilayah negara Republik Indonesia. Oleh karena itu, calon mahasiswa PKN STAN harus mempelajari materi ini termasuk pengertian, fungsi maupun kedudukan undang – undang dasar 1945.

3. Bhineka Tunggal Ika

Bhinneka tunggal ika juga termasuk materi TWK PKN STAN yang wajib anda kuasai. Seperti yang kita tahu, bhinneka tungga ika adalah moto atau semboyan bagi bangsa Indonesia yang tertulus pada lambang negara, yaitu Garuda Pancasila. Bhinneka Tunggal Ika sendiri mempunyai arti “berbeda – beda tapi tetap satu jua”, hal itu adalah hal mendasar yang harus diketahui. Sejarah, fungsi beserta makna dari bhinneka tunggal ika tentunya harus kalian kuasai dalam tes wawasan kebangsaan ini.

4. Negara Kesatuan Republik Indonesia

Materi TWK PKN STAN terakhir yaitu tentang negara kesatuan Republik Indonesia. Disini kalian harus mempelajari baik itu mengenai sistem tata negara Indonesia pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Serta sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan juga kemampuan peserta dalam berbahasa Indonesia secara baik dan benar. Kira – kira kisi – kisi dari materi negara dan kesatuan Republik Indonesia nantinya tersebut akan banyak keluar pada tes wawasan kebangsaan.

Demikianlah materi yang harus kalian pelajari dalam tes wawasan kebangsaan. Materi TWK PKN STAN ini bertujuan agar calon mahasiswa dapat mengimplementasikan nilai – nilai pilar kebangsaan Indonesia. Selain itu, TWK ini berisi 35 soal, dimana jika menjawab benar akan mendapat +5 poin dan jika tidak menjawab atau salah akan mendapat 0 poin.

Nilai ambang batas dari tes wawasan kebangsaan ini adalah 75 poin. Dimana kalian akan dinyatakan lolos jika menjawab benar 15 soal. Sedangkan nilai tertinggi yang bisa diperolah dari tes wawasan kebangsaan adalah 175 poin. Berdasarkan keterangan diatas, diharapkan kalian mempunyai gambaran tentang materi dan penilaian dari tes wawasan kebangsaan tersebut.