(021) 22733479 prioritystan@gmail.com

Penjelasan Singkat Tentang Materi TIU (Tes Intelegensi Umum)

Jika kalian akan memasuki PKN STAN sebagai pilihan melanjutkan studi, pasti kalian akan akrab denganTes Kompetensi Dasar (TKD) yang dilakukan guna memenuhi persyaratan. Tes Kompetensi Dasar adalah sebuah tes berbasis komputer (Computer Assisted Test) untuk mengukur kemampuan dasar yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan seseorang jika dia bekerja dalam lingkungan PNS. Demikian pula jika kalian akan masuk  ke PKN STAN. Salah satu dari TKD adalah Tes Intelegensi Umum (TIU). Untuk itu, akan dibahas sedikit mengenai materi TIU PKN STAN.

Tes kemampuan dasar diadakan oleh Badan Kepegawaian Nasional yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang manajemen kepegawaian negara. Dengan itu bisa dibilang bahwa BPPK Kementrian Keuangan memiliki fungsi sebagai instansi induk PKN STAN yang mendidik mahasiswanya agar memiliki ilmu keuangan dan administrasi pemerintahan yang mumpuni. Sedangkan BKN adalah pihak yang menguji apakah mahasiswa PKN STAN layak atau tidak untuk menjadi PNS.

Penjelasan Materi TIU PKN STAN

1. Kemampuan verbal

Materi pertama yang harus kalian pelajari adalah kemampuan verbal. Materi ini mempunyai arti yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis. Materi ini bertujuan untuk menilai efektifitas pelayanan menggunakan bahasa yang merupakan salah satu elemen penting dalam tugas mereka sehari – hari. Dengan cara yang beragam akan dilihat kemampuan berbahasa, membaca dan memahami kata tertulis.

2. Kemampuan Numerik

Kemampuan numerik adalah materi TIU PKN STAN yang juga harus kalian pelajari. Materi ini berisi kemampuan untuk melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka. Materi ini berkaitan dengan kecermatan dan kecepatan dalam penggunaan fungsi-fungsi hitung dasar. Bisa juga dikatakan bahwa tes ini dapat mengungkap kemampuan intelektual seseorang terutama kemampuan bernalar dalam berhitung dan berfikir secara logis. Hal lain yang akan terlihat juga adalah kemampuan kuantitatif, ketelitian, dan keakuratan seseorang dalam mengerjakan sesuatu.

3. Kemampuan berpikir logis

Kemampuan berpikir logis adalah kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis. Kemampuan berpikir secara logis bertujuan untuk membuat dan menentukan suatu hukum yang akan digunakan oleh masyarakat. Sebagai calon mahasiswa, materi TIU PKN STAN yang satu ini adalah salah satu materi yang diujikan dalam tes intelegensi umum dan sebagai calon mahasiswa tentunya diwajibkan untuk berfikir secara logis.

4. Kemampuan berpikir analitis

Sedangkan materi TIU PKN STAN terakhir adalah kemampuan berpikir analitis. Dapat diartikan sebagai kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik. Dengan menganalisis,  kemampuan memisahkan materi atau informasi ke dalam bagian-bagiannya yang perlu, mencari hubungan antara bagian-bagiannya, serta mampu melihat komponen-komponennya, dan bagaimana komponen-komponen itu berhubungan dan terorganisasikan, dan juga dapat membedakan fakta dari khayalan. Kemampuan ini adalah kemampuan kognitif dasar yang seharusnya dimiliki oleh mahasiswa. Kemampuan berpikir analisis juga termasuk kemampuan menyelesaikan soal yang tidak rutin, menemukan hubungan, membuktikan dan mengomentari bukti, dan merumuskan serta menunjukkan benarnya suatu generalisasi, tetapi baru dalam tahap analisis belum dapat menyusun.

Soal dari TIU PKN STAN ini berisi 30 soal dan dengan nilai minimal 80 poin. Dengan begitu, kalian akan dinyatakan lolos jika menjawab soal paling sedikit berjunlah 16 soal. Penilaian dari Tes Intelegensi Umum ini adalah, jika kalian menjawab benar akan diberikan poin +5. Sedangkan jika kalian menjawab salah atau jika mengosongi jawaban akan mendapat poin 0. Materi TIU PKN STAN ini diharapkan dapat membantu kalian untuk mempelajarinya guna untuk mempersiapkan tes persiapan masuk PKN STAN.