fbpx
(021) 7376272 prioritystan@gmail.com

Jurusan PKN STAN yang Sepi Peminat

Saat ini tahun pelajaran baru sudah dimulai dan menjadi tanda bahwa siswa kelas 3 SMA sederajat harus mulai berpikir untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan memilih universitas yang tepat. Memilih universitas yang tepat harus dilakukan sedini mungkin, terlebih untuk Staners yang sudah memiliki cita-cita dan membutuhkan pendidikan khusus untuk mewujudkannya. Banyak sekali universitas yang bisa dituju, tapi jika ingin menjadi salah satu orang yang ikut andil dalam manajemen keuangan negara, Staners bisa memilih PKN STAN. Jika ingin tahu berbagai hal tentang universitas yang satu ini, ketahui terlebih dulu jurusan PKN STAN yang sepi peminat.

Jurusan PKN STAN yang Sepi Peminat

PKN STAN memiliki 4 jurusan yaitu Akuntansi, Pajak, Kepabeanan dan Cukai, dan Manajemen Keuangan. Semua jurusan tersebut memiliki peminatnya masing-masing meskipun dengan jumlah yang berbeda. Agar tidak penasaran lagi, berikut urutan jurusan PKN STAN dengan peminat yang paling sedikit:

1. Jurusan Manajemen Keuangan

Jurusan PKN STAN pertama yang peminatnya sedikit adalah Manajemen Keuangan. Manajemen Keuangan memiliki 3 Program Studi yaitu D3 Kebendaharaan Negara, D3 Manajemen Aset, dan D1 Kebendaharaan Negara. Banyak sekali yang akan dipelajari dari jurusan ini, seperti perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan mengenai penggunaan uang negara. Selain itu, ada juga ilmu mengenai piutang, lelang negara, hukum dan penilaian properti, dan masih banyak yang lainnya.

2. Jurusan Kepabeanan dan Cukai

Berbeda dengan jurusan lain, jurusan Kepabeanan dan Cukai menerima calon mahasiswa dengan cara yang cukup ketat. Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk jurusan ini, seperti mata yang kemampuan penglihatannya tidak boleh minus atau silinder lebih dari 3 atau bahkan buta warna. Syarat tersebut tidaklah aneh karena petugas Bea Cukai harus teliti memerika setiap barang atau benda yang masuk atau keluar dari negara. Selain itu, mahasiswa jurusan ini juga akan dibekali dengan ilmu Kimia dasar yang akan bermanfaat saat Staners bertugas di lapangan.

3. Jurusan Akuntansi

Jurusan PKN STAN yang selanjutnya adalah Akuntansi. Jurusan ini memiliki peluang penempatan kerja yang cukup luas jika dibandingkan dengan dua jurusan yang sudah disebutkan sebelumnya. Untuk masuk ke jurusan ini, Staners harus memiliki nilai Ujian Saringan Masuk paling tinggi. Banyak sekali ilmu yang bisa didapatkan dari jurusan ini. Selain mendapatkan pelajaran umum seperti pada universitas yang lain, jurusan Akuntansi pada PKN STAN juga akan mempelajari Hukum Keuangan Negara, Akuntansi Pemerintahan, Keuangan Publik, dan masih banyak yang lainnya. Jurusan ini memiliki dua program studi yaitu D4 Akuntansi dan D3 Akuntansi.

4. Jurusan Pajak

Jurusan Pajak berada di urutan terakhir karena jurusan ini memiliki banyak peminat. Jurusan ini memiliki 3 program studi yaitu D3 Pajak, D3 Pajak Bumi dan Bangunan, dan D1 Pajak. Pada jurusan ini Staners akan dibekali dengan berbagai ilmu, seperti pembuatan laporan keuangan perpajakan (PPh, PPN, PPnBM, dan sebagainya), dan berbagai hal mengenai administrasi atau tata usaha dari sisi pemungut pajak. Selain itu, jurusan Pajak juga berhubungan dengan keuangan negara. Sebagian besar lulusan jurusan ini bisa berpeluang besar bekerja di Ditjen Pajak.

Itu menurut Data dari jurusan yang paling banyak dan yang sedikit, walaupun sedikit peminatnya bukan berarti jurusan itu tidak bagus lho ya, hanya saja mungkin faktor calon mahasiswa yg menginginkan jurusan lain dari jurusan yang sedikit minatnya.

Itulah urutan jurusan PKN STAN dari yang sepi peminat dan tentu saja semuanya pasti memberikan manfaat untuk Staners.

Jika ingin lolos dan masuk dengan mudah, Staners bisa bergabung dengan Priority STANBimbel PKN STAN terbaik.