(021) 73491891 prioritystan@gmail.com

Ini salah satu Tokoh yang Berperan dalam Perumusan Pancasila!

by | Jun 18, 2024 | Pengetahuan umum

Sobat Priority, tahukah kalian bahwa di balik lahirnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, terdapat peran besar dari beberapa tokoh penting yang berjasa dalam merumuskan nilai-nilai luhur tersebut?

Sobat Priority, tahukah kalian bahwa di balik lahirnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, terdapat peran besar dari beberapa tokoh penting yang berjasa dalam merumuskan nilai-nilai luhur tersebut?

Sejarah mencatat bahwa Pancasila tidak muncul begitu saja, melainkan melalui proses panjang yang melibatkan diskusi dan musyawarah oleh para pemimpin bangsa kita. Mereka datang dari berbagai latar belakang, tetapi memiliki tujuan yang sama, yaitu membentuk dasar negara yang mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia.

Artikel ini akan membawa kita menelusuri jejak para tokoh yang berperan dalam perumusan Pancasila, memberikan penghormatan kepada mereka yang telah memberikan sumbangsih besar bagi bangsa kita.

Ir. Soekarno

Ir. Soekarno adalah salah satu tokoh utama dalam perumusan Pancasila. Pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan pidato yang kemudian dikenal sebagai “Lahirnya Pancasila”. Dalam pidato tersebut, ia mengusulkan lima prinsip dasar yang kemudian menjadi Pancasila: Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau Perikemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan yang Maha Esa.

Drs. Mohammad Hatta

Sebagai wakil dari Indonesia merdeka, Mohammad Hatta juga memainkan peran penting dalam perumusan Pancasila. Ia bersama Soekarno terlibat aktif dalam rapat-rapat Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), di mana Pancasila dibahas dan dirumuskan.

Mr. Muhammad Yamin

Mr. Muhammad Yamin adalah seorang ahli hukum dan politikus yang juga berperan dalam perumusan Pancasila. Pada sidang BPUPKI, Yamin mengusulkan lima asas dasar negara yang mencakup kebangsaan, kemanusiaan, ketuhanan, kerakyatan, dan keadilan sosial. Gagasannya turut memperkaya diskusi dalam perumusan Pancasila.

Ki Bagus Hadikusumo

Ki Bagus Hadikusumo, seorang tokoh dari kalangan Islam, turut memberikan sumbangsih dalam perumusan Pancasila. Ia mengusulkan agar prinsip ketuhanan dalam Pancasila lebih menekankan pada keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang akhirnya menjadi salah satu sila dalam Pancasila.

Prof. Dr. Soepomo

Sebagai seorang ahli hukum dan anggota BPUPKI, Prof. Dr. Soepomo juga memberikan pandangannya dalam perumusan Pancasila. Ia menekankan pentingnya persatuan nasional dan gotong royong sebagai landasan hidup berbangsa dan bernegara.

Mr. Achmad Soebardjo

Achmad Soebardjo, seorang diplomat dan pejuang kemerdekaan, turut serta dalam perumusan Pancasila. Ia terlibat dalam diskusi-diskusi penting yang membentuk dasar negara Indonesia, memastikan bahwa nilai-nilai kemanusiaan dan demokrasi terintegrasi dalam Pancasila.

Kesimpulan

Perumusan Pancasila melibatkan banyak tokoh dengan latar belakang dan pandangan yang beragam. Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta, Mr. Muhammad Yamin, Ki Bagus Hadikusumo, Prof. Dr. Soepomo, dan Mr. Achmad Soebardjo adalah beberapa tokoh penting yang kontribusinya sangat berarti. Melalui diskusi dan musyawarah, mereka berhasil menyusun Pancasila sebagai dasar negara yang mempersatukan seluruh bangsa Indonesia. Peran mereka akan selalu dikenang dalam sejarah perjuangan bangsa.

YUK MASUK PKN STAN BERSAMA PRIORITY

Mimpi kami sederhana, semoga dengan hadirnya Priority, dapat merubah nasib anak-anak yang merasa dirinya kurang mampu, kurang percaya diri, kurang informasi mengenai PKN STAN, menjadi anak-anak yang memiliki daya saing tinggi, sehingga bisa lulus USM PKN STAN.

Priority Siap Membantu Anda

Cek Program Kami

Yuk cari tahu program-program unggulan kami, sesuai dengan kebutuhan kamu!

Konsultasi Gratis

Jangan bingung lagi sekarang! Segera konsultasikan apa yang ingin kamu tanyakan, gratis!

i

Related Post